Selasa, 14 Mei 2013

Only the Good Die Young……


Saya benar-benar terhenyak mendengar kabar kepergian Ustadz Jeffry Al Buchori. Yang membawa berita duka itu adalah suami saya yang hari itu pulang menjelang subuh. Ia menyampaikannya dengan suara yang terdengar sangat jauh dan ekspresi nyaris hampa. Saya nyaris tak percaya dan kemudian berkata dengan suara gemetar,”Ya Tuhan, padahal orangnya baik sekali. Dan sebagai suami Uje benar-benar patut dijadikan suri tauladan.” Kemudian dengan air mata berlelehan di pipi saya bergumam,”Kenapa musti Uje yang dipanggil pulang? Dia masih muda, teladan yang baik di antara begitu banyak teladan yang buruk, dan sangat humanis. Mengapa bukan mereka yang khotbah-khotbahnya diwarnai ajakan untuk membenci orang lain saja yang mati? Kenapa orang-orang yang berhati buram justru dibiarkan hidup sampai tua?”

Lalu saya terduduk lemas mengenang khotbah-khotbahnya. Meskipun seorang Kristen, tapi saya gemar mendengarkan ceramahnya. Paling tidak beberapa tahun lalu, waktu program beliau  masih ditayangkan secara teratur di sebuah televisi dan otak saya masih cukup mampu untuk mengingat jadwal siaran tersebut. Ini adalah sebuah bentuk penghargaan, mengingat secara pribadi saya cenderung sangat menghindari televisi. Namun tidak bagi Ustadz Jeffry. Dan walau sepatahpun tidak mengerti artinya, namun saya sangat suka bila di sela dakwahnya mendadak Uje melantunkan ayat-ayat Al Qur’an dengan nada-nada tinggi yang merdu. Terdengar sangat liris di telinga dan di hati, dan kalau seorang Muslim, saya pasti melelehkan air mata karena terharu mendengar lantunan ayat yang demikian indah tersebut. Materi dakwahnya, selain segar dan lucu, juga seringkali bersifat universal dan berlaku umum untuk semua orang yang percaya Tuhan, tak peduli agamanya apa.

Selanjutnya saya tahu bahwa jenazah Uje dihantar ke peristirahatan terakhir oleh manusia-manusia yang menyemut karena begitu banyaknya. Dan saya sama sekali tidak heran. Mengapa saya harus terkejut jika seseorang yang begitu banyak menyebarkan kebaikan, pulang dengan diantar oleh begitu banyak manusia? Satu kalipun Uje tidak pernah melontarkan kata-kata yang merendahkan keyakinan orang lain. Uje mengajak para penyembah Allah dan pengikut Nabi Muhammad untuk hidup sesuai tuntunan agama, itu saja. Untuk menunjukkan kebaikan Islam, Uje sama sekali tidak merasa perlu mencari-cari keburukan agama lain. Untuk mengangkat kemuliaan Nabinya, Uje tidak merasakan manfaat menghujat Nabi orang lain. Untuk mengajak umat Islam mencintai Junjungan dan Kitab mereka, Uje tidak melihat pentingnya menghasut mereka untuk membenci Junjungan dan Nabi orang lain.

Diberkatilah para pemimpin umat seperti Ustadz Jeffry. Sebab di luar sana, banyak sekali dari mereka yang menyampaikan pesan dengan cara sebaliknya. Mencari-cari kesalahan Kitab orang lain supaya Kitabnya terlihat benar. Menjelek-jelekkan Nabi orang lain supaya Nabinya kelihatan baik. Menghujat Tuhan orang lain gadungan dan sebagainya supaya Tuhan-Nya kelihatan ajaib dan penuh kuasa. Dalam hal ini saya merasa Uje mengenal betul paradoks ini: ketika kau merendahkan orang lain, maka kau justru merendahkan dirimu sendiri. Ya, sebab sebaik apapun seseorang, ketika ia sudah mengata-ngatai orang lain, maka saat itulah keburukannya terangkat ke permukaan. Sayangnya, banyak sekali pemimpin umat yang buta mengenai paradoks ini. Lebih disayangkan lagi, pemimpin-pemimpin semacam itu tidak hanya mewakili satu agama. Dan sebagai akibatnya, banyak umat yang percaya begitu saja. Usai mendengar khotbah yang diwarnai kebencian dan hujatan pada agama orang lain dengan segala aspeknya, umat tersebut pulang dengan menganggapnya sebagai sebuah keniscayaan. Dan ia akan mulai mengejawantahkan keniscayaan tersebut. Di rumah, di kantor, di jalanan, di jejaring sosial dengan kemampuan kecepatan penyebaran berita dan penggiringan opini yang luar biasa, di manapun ia berada. Itu menjawab pertanyaan mengapa pertikaian antar umat beragama tidak pernah surut, bahkan cenderung kian meresahkan hari demi hari.

Tidak tahu dengan anda, namun saya pribadi berpendapat bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak pemimpin umat seperti Ustadz Jeffry. Ini sekali lagi membuat saya bertanya-tanya, mengapa justru Ustadz macam ini yang lebih dulu dipanggil pulang, di usia yang masih begitu timur? Mengapa mereka yang gemar menebar kebencian justru bertahan hidup sampai uzur? Saya bukan orang bijaksana, apalagi Tuhan yang Maha Kuasa, jadi saya hanya bisa menerka-nerka. Mungkin saja Sang Maha Mengetahui mengerti, bahwa bila diberi umur lebih panjang, bisa jadi Uje berubah pikiran dan dalam tiap khotbahnya mulai menyisipkan unsur-unsur dan ajakan untuk membenci. Ya, bisa jadi, sebab hidup ini siapalah yang bisa mengerti, kecuali Sang Pencipta Hidup sendiri? Bila diberi kesempatan berumur panjang, bisa jadi Uje justru akan mengambil jalan menyimpang. Sebab memertahankan kewarasan di tengah popularitas memang bukan perkara gampang. Dan apa jadinya bila Ustadz yang dicintai dan dipercaya oleh jutaan manusia ini, pada suatu waktu berbalik arah dan mengajak mereka untuk membenci umat lain? Tidakkah para pembenci itu akan bertambah tak terkendali, dan menggoyahkan sendi-sendi bangsa ini? Jadi, cukuplah rentang masa ini bagi Ustadz Jeffry. Biarlah saya, seorang non muslim, mengenangnya dengan segenap rasa hormat dan terima kasih, karena dalam hidupnya yang singkat ini beliau telah mengajarkan pada jutaan umat segala hal yang baik saja. Seorang yang baik adalah ia yang dianggap kekasih oleh Tuhan-nya. Jadi, sekalipun air mata saya bercucuran dan dada saya terasa sakit saat menulis artikel ini, saya tak perlu menyesali kepergiannya yang begitu cepat. Sebab hanya yang terkasih sajalah yang diharapkan lekas pulang…..

Selamat jalan Ustadz Jeffry, Indonesia berterima kasih dan Tuhan memberkati………

2 komentar:

  1. iya mbak. hal demikian bukan perkara satu dua, namun kayaknya sudah banyak lho. banyak di antara para pemuka agama yg secara terang terangan menebarkan paham kebencian yang sebenernya berasal dari nggak tepat dan nggak jelasnya mereka mengionterpretasikan isi kitab suci masing2. ngerasa bisa baca kitab suci dan menginterpretasikan saja sudah petantang petetnteng menjadi pemuka agama. yang parahnya, adalah kekuasaan yang dimilikinya menjadikannya mampu untuk mendoktrin umat2nya untuk berpikiran sesempit dirinya. iya kalau umatnya berpikiran terbuka, kalau ngga? wah habisllah kita karena memiliki generasi yang didoktrin dengan kebencian. ada yg mendoktrin untuk tidak mengakui hari raya agama lain, hingga menyerukan perang terhadap tanah suci yang konon katanya sudah dijanjikan oleh Tuhan. wow. Kadang kala, yg bikin lucu sih, ada orang dari sebut saja agama A, sangat paham kejelekan agama B hingga mengupas tuntas isi kitab suci agama B. Wow....orang2 yg di agama B saja belum tentu sepaham dan sedalam tsb pemahamannya akan kitab sucinya. namun si pemeluk agama A ini? Luar biasa! kenapa nggak buka kursus telaah kitab suci saja sich daripada mengupas tuntas demi mengajarkan kebencian? Semoga Ustadz Jeffry Al Buchori diterima di sisiNYA. Ya, kita semua kehilangan akan epesan pesan kasih dan damainya yang melantunkan keharmonisan. Mudah2an mbanyak pemuka agama yang berpola pikir demikian. Mau di elu-elukan umat dan diarak saat kematian memanggil? Jadilah pemuka umat yang menebarkan kebaikan, bukan menyemai benih kebencian.

    BalasHapus
  2. Jadi ingat waktu Gus Dur meninggal. Mata saya sampai bengkak karena sehari penuh menangis, bahkan sampai meraung-raung. Begitu juga waktu Romo Mangun berpulang; lemesnya sampai tiga hari karena rasanya tidak rela orang sebaik itu dipanggil pulang, sementara yang jahat malah hidup tenang-tenang nyebar kebencian :(.
    Saya kenal beberapa orang seperti yang Lomie maksud, yaitu mereka yang 'khatam' dengan kekurangan agama dan kitab orang lain. Pertama-tama sih saya keseeeeeelllll....sekali dan males banget berdialog dengan mereka. Tapi setelah dipikir-pikir, kalau tidak dicounter pastinya mereka akan tambah bersemangat karena merasa tidak ada lawan, bukan? Akhirnya pelan-pelan saya membuka dialog pribadi dengan mereka. Dan jujur, butuh kesabaran ekstra luar biasa untuk menghadapi orang-orang semacam itu. Tapi hati rasanya sangat puaaaaaas..... karena beberapa dari mereka sudah 'insyaf'. Hahaha.... Rasanya bahagia banget bisa menjadi bagian -meskipun kecil- dari kampanye perdamaian yang telah dibangun orang-orang besar di atas. Semoga Lomie juga mau bersabar ria kalau bertemu dengan orang-orang macam itu :)

    BalasHapus